Saturday, February 12, 2011

Peradaban Awal Masyarakat Indonesia

Peradaban awal manusia terjadi pada zaman Neozoikum. Namun sebelum memasuki zaman dimana manusia hidup, terdapat tiga periode zaman sebelumnya, yaitu :
  • Archaeikum (zaman tertua)
zaman ini berlangsung kurang lebih 2500 juta tahun yang lalu. pada zaman ini, kulit bumu masih berupa batuan pans sehingga belum ditemukan adanya tanda-tanda kehidupan.
  • Paleozoikum
zaman ini berlangsung kurang lebih 340 juta tahun yang lalu.pada zaman ini keadaan bumi masih belum stabil, namun mulai ditemukan tanda-tanda kehidupan seperti makhluk hidup bersel satu (mikroorganisme), hewan-hewan invertebrata, jenis-jenis ikan amfibi dan reptil. 
  • Mesozoikum
zaman ini dinamakan zaman sekunder (zaman kedua) yang berlangsung selama kurang lebih 140 juta tahun yang lalu. pada zaman ini, keadaan iklim dibumi semakin membaik. sungai-sungai besar dan danau banyak yang kering dan berlumpur. Pohon-pohon yang besar dan hewan yang hidup di darat mulai muncul. beberapa diantara amfibi tumbuh menjadi sangat besar bahkan ada yang melebihi seekor buaya.Hal itupun terjadi pada reptil yang mencapai bentuk sangat besar. seperti Tyranosaurus (30 meter) dan Brontosaurus yang besarnya sepuluh kali gajah. karena pada zaman ini komoditas hewan yang menguasai bumu adalah hewan reptil, maka zaman ini disebut sebagai zama reptil.
  • Neozoikum
zaman ini berlangsung kurang lebih 60 juta tahun lalu sampai saat ini. zaman ini dibagi menjadi dua periode yaitu, zaman tersier dan zaman kwarter
  1. zaman tersierzaman ini dibagi menjadi beberapa masa, yaitu : Paleosen, Eosen, Oligosen, Miosen, Pliosen.
    pada zaman ini binatang menyusui atau yang dikenal sebagai primata mengalami perkembangan yang pesat.sedangkan reptil raksasa lambat laun lenyap. makhluk primata seperti kera mulai nampak pada zaman Paleosen, kemudian pada masa Miosen mulai ditemukan orang utan. kemudian ketika zaman pliosen, hidup hewan yang lebih besar dari gajah yaitu Giganthropus yang ditemukan di bukit Siwalik di kaki Himalaya dan di dekat Simla India. pada masa yang sama ditemukan juga makhluk hidup lain yaitu Australopithecus yang ditemukan di Afrika Selatan dan Afrika Timur.sedangkan di Kalimantan Barat ditemukan hewan sejenis babi purba yang juga ditemukan di Asia daratan sehingga membuktikan bahwa Kalimantan dan Asia pernah bersatu.
     
  2. zaman kwarter
zaman ini dimulai sekitar tahun 600.000 tahun yang lalu dan dibagi menjadi dua kala, yaitu:
    • kala pleistosen :  kala pleisoten berlangsung sekitar 600.000 tahun yang lalu.pada kala ini terjadi dua zaman yang menandai bahwa iklim di bumi belum mencapai kestabilan. yaitu zaman glasial dan zaman interglasial.                                                                                                                                   zaman glasial merupakan zaman yang ditandai dengan meluasnya lapisan es di kutub utara hingga Eropa dan Amerika Utara. tertutup es sedangkan daerah yang jauh dari kutub terjadi hujan lebat bertahun-tahun. permukaan air laut turun disertai dengan naiknya daratan di berbagai tempat karena adanya pergeseran benua dan kerja gunung berpai, maka munculah Sunda plat yang berada diantara sumatera, jawa, kalimantan , malaysia dan benua asia bergabung menjadi satu. sementara Sahul Plat menghubungkan antara Papua dan benua australia.                                                                            zaman yang kedua adalah zaman intergasial yaitu zaman diantara dua zaman es. zaman ini ditandai dengan mencairnya es di kutub utara sehingga menyebabkan permukaan laut naik dan terjadi banjir besar di berbagai tempat yang menyebabkan banyak daratan terpisah oleh lautan.hewan yang dapat bertahan hidup pada masa ini adalah gajah berbulu tebal (mammouth) sementara hewan berbulu tipis bermigrasi menuju daerah tropis. selain itu juga terjadi perpindahan manusia purba yang terbukti dengan dengan ditemukannya dalam jumlah besar Sinanthropus Pekinensis di Peking Cina yang sejenis dengan pithecanthropus erectus di Trinil Ngawi.
    • kala holosen : pada awal kala holosen, sebagian besar es di kutub utara telah mencair sehingga permukaan laut naik kembali. tanah-tanah rendah di daerah paparan sunda dan paparan sahul tergenang menjadi laut Transgresi. dengan demikian mucullah pulau-pulau nusantara


Tabel Manusia Purba yang pernah ada di Indonesia

No comments:

Post a Comment